Metode & Algoritma | List Tutorials | Source Code | About | Sitemap
Konsultan Tesis
Bimbingan dan Konsultasi Tesis Informatika bersama team Project Graduate Indonesia. Konsultasi hanya untuk yang sudah me-Like FB kami (Silahkan LIKE tombol ini jika belum).
. Scroll kebawah untuk memasukan kode AntiSpam Protection. Hasil konsultasi akan kami kirimkan ke email Anda.

Pewarnaan Simpul Graph Metode Greedy




.


Metode dan Algoritma | Pewarnaan Simpul Graph Metode Greedy . Anda bisa melakukan konsultasi tentang Pewarnaan Simpul Graph Metode Greedy melalui form di samping kanan !!!

Dalam Teori Graph, masalah pewarnaan graph terdiri dari tiga macam, yaitu pewarnaan simpul, pewarnaan sisi, dan pewarnaan peta. Teknik pewarnaan simpul merupakan salah satu subyek yang menarik dalam bidang graph. Pewarnaan simpul adalah mewarnai semua simpul suatu graph sehingga setiap pasang simpul yang terhubung langsung diberi warna yang berbeda. Sedangkan, jumlah warna minimum yang diperlukan disebut bilangan kromatik Terdapat beberapa algoritma yang digunakan untuk menemukan bilangan kromatik suatu graph. Salah satu algoritma yang dapat digunakan adalah Algoritma Greedy. Aplikasi dari teknik ini telah banyak diterapkan di berbagai bidang. Salah satu permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan pewarnaan simpul graph adalah pengaturan pola lampu lalu lintas di persimpangan jalan.

Langkah awal pewarnaan simpul graph dengan Algoritma Greedy yaitu mengurutkan simpul dari derajat tertinggi sampai yang terendah. Simpul dengan derajat tertinggi diwarnai terlebih dahulu, kemudian diperiksa simpul yang tidak terhubung dengan simpul pertama untuk diberi warna yang sama. Jika tidak ada dipilih simpul dengan derajat tertinggi yang belum diwarna untuk diberi warna yang baru, kemudian diperiksa kembali simpul yang tidak terhubung untuk diberi warna yang sama. Langkah tersebut dilanjutkan hingga semua simpul telah diwarnai.

Penerapan algoritma Greedy pada pengaturan pola lampu lalu lintas dimulai dengan merepresentasikan persimpangan jalan ke dalam bentuk graph. Setiap arus kendaraan pada persimpangan jalan direpresentasikan sebagai simpul. Untuk setiap arus kendaraan yang tidak kompatibel maka simpul yang merepresentasikan arus kendaraan tersebut dihubungkan dengan suatu sisi. Dengan bentuk graph tersebut, maka pengaturan pola lampu lalu lintas dapat lebih mudah diselesaikan dengan pewarnaan simpul graph dengan metode Greedy.

Output dari pewarnaan simpul graph adalah banyaknya warna yang digunakan untuk mewarnai simpul graph. Pada pengaturan pola lampu lalu lintas, banyaknya warna yang diperlukan untuk mewarnai simpul graph digunakan untuk menentukan banyakanya fase yang diperlukan dalam satu siklus. Simpul yang tidak terhubung dengan simpul yang lain adalah arus yang kompatibel dengan semua arus sehingga selalu bergerak dalam tiap fase, sedangkan simpul-simpul dengan warna yang sama merupakan alih gerak kendaraan yang dapat bergerak bersama dalam satu fase. Dengan demikian tidak ada alih gerak yang tidak kompatibel yang bergerak pada fase yang sama, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan di tengah persimpangan.

Selain dengan perhitungan manual, pada penelitian ini dibuat implementasi program dengan software Delphi 7. Dari perhitungan secara manual dan perhitungan dengan program untuk contoh graph dengan 8 simpul diperoleh hasil yang sama. Demikian pula pada penerapan pengaturan pola lampu lalu lintas pada pertigaan dan perempatan diperoleh hasil yang sama.




Source Code ActionScript AS3 ASP.NET AJAX C / C++ C# Clipper COBOL ColdFusion DataFlex Delphi Emacs Lisp Fortran FoxPro Java J2ME JavaScript JScript Lingo MATLAB Perl PHP PostScript Python SQL VBScript Visual Basic 6.0 Visual Basic .NET Flash MySQL Oracle Android
Related Post :


Project-G
Judul: Pewarnaan Simpul Graph Metode Greedy
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh hank2

Anda sedang membaca artikel tentang Pewarnaan Simpul Graph Metode Greedy, Semoga artikel tentang Pewarnaan Simpul Graph Metode Greedy ini sangat bermanfaat bagi teman-teman semua, jangan lupa untuk mengunjungi lagi melalui link Pewarnaan Simpul Graph Metode Greedy.


Posted by: Metode Algoritma Updated at: 07.20

Label

3 Variabel Adaptive Resonance Theory Algorirma RSA Algoritma Algoritma Clonal Selection Algoritma Djikstra Android ANN Annaeling Aritmetika Modulo ART Artificial Neural Network Backpropagation Biometrik Blowfish Brute Force Buble Sort Business Process Management C++ C-Means Caesar Cipher CISM Contoh Contoh Kode Contoh Penerapan contoh program Contoh Soal Corporate Information System Management CRC Cyclic Redundancy Code Deteksi Wajah Dijkstra Djikstra Eigenface Enterprise Resource Planning ERP Expectation Maximization Face Detection Face Extractor Face Recognition Facebook FCFS FCM Filterbank First Come First Server Fisherface FP-Growth Fuzzy ART Fuzzy C-Means Gaussian Generate & Test Genetika greedy Green Computing Huffman image processing Implementasi Information System Risk Management iOS 5 Iris Recognition IS Strategic Planning Jaringan Jaringan Saraf Tiruan jaringan syaraf tiruan Jasa Pembuatan Tesis Skripsi TA Informatika Komputer Java JST K-means knowledge management konsultan tesis informatika kriptografi Kruskal Kruskall Linear Programming list judul informatika LOKI LOOK Low Bit Coding LSB Manajamen Proses Bisnis Manajemen Perubahan MANET Masalah Rute Kendaraan Mass Transport Vehicle Routing Problem Metode Grafik metode LSB Minimum Spanning Tree mobile Mobile Ad hoc Network MTVRP negascout Online Learning Open Shortest Path First OpenCV OSPF PCA Pemrograman Linear Pencarian Akar Pencarian Linear Pencocokan Pengenalan Iris Mata Pengenalan Suara Pengenalan Wajah Pengolahan Citra Pengolahan Citra Digital Pengukuran Garis-Garis Telapak Tangan Penjadwalan Persamaan Linier Pewarnaan Graf Pewarnaan Graph Prim Project and Change Management Quantum Random Waypoint real time tracking Recognition Recursive Large First RLF RMSE Root Mean square Error RSA RWP Sandi Sidik Jari Simulated Annaeling SISP Sistem Verifikasi Biometrik skripsi sorting Source Code Spanning Tree Speech Speech Recognition Steganography Strategic Information Systems Planning Stream Cipher Technopreneurship Traveling Salesman Problem Travelling Salesman problem Tree TSP Voice Recognition Watermaking Web Service Welch dan Powell